Digitalisasi UMKM Menuju Go Global, Kadin Gandeng Facebook
JAKARTA – Kadin Gandeng Facebook untuk digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menuju go global. Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan seperti dilansir oleh viva.co.id, “Tentunya melalui kerja sama dengan Facebook ini akan menjadikan bidang UMKM ke depannya terjadi akselerasi, diharapkan terutama di aspek digitalisasinya.”
Untuk mendukung program digitalisasi UMKM, banyak pelatihan digelar. Salah satunya pelatihan bertajuk ‘Membuka Akses Pasar dengan Memanfaatkan Sosial Media’ yang digelar Selasa (13/4/2021).
Baca juga: Industri Kendaraan Listrik Meningkat di 2040? Ini kata Kadin!
Menurut Rosan, meskipun pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia, para pelaku UMKM harus selalu bergerak maju, beradaptasi, berinovasi, dan berkreasi. Sehingga, tidak hanya menjadi UMKM yang modern dan digital, namun juga UMKM yang bisa go global.
“Dan bagaimana kita bersama-sama melihat bahwa tantangan ini justru bisa menghasilkan kesempatan apabila kita terus melangkah maju,” katanya.
Di tengah pandemi Covid-19, lanjut Rosan, UMKM merupakan salah satu sektor yang mengalami tantangan sangat besar. Berdasarkan rilis dari Asian Development Bank (ADB), 48% UMKM di Indonesia terdampak Covid-19. Hal ini akan berdampak pada perekonomian nasional. Pasalnya, kontribusi UMKM terhadap sektor tenaga kerja di Indonesia diketahui mencapai 96 persen. Selain itu, berkontribusi sekitar 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.
“Dan meskipun baru berkontribusi sekitar 45 persen terhadap ekspor kita, tetapi tentunya hal itu juga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi kita ke depan,” tutupnya. (sumber : kadin.id)